Rabu, 26 September 2012

KECAMATAN PANTON REU 
3. PINTO KUTA (PINTU BENTENG) CUT NYAK DHIEN


Pinto Kuta Cut Nyak Dhien merupakan salah satu pusaka peninggalan sejarah perjuangan Aceh dalam melawan Pemerintahan colonial Hindia Belanda yang berada di Gampong Babah Krueng Manggi Kecamatan Panton Reu.
Pinto Kuta ini merupakan bukti sejarah yang dulunya pernah di pakai sebagai pintu gerbang benteng pertahanan pasukan Aceh di bawah komando Cut Nyak Dhien. Pinto Kuta ini terbuat dari kerak kayu Simantok yang sudah sangat tua dan sudah terkubur lama di dalam tanah sehingga memiliki kekuatan dan daya tahan yang sangat kuat. 

Dari beberapa sumber menyebutkan bahwa Pinto Kuta Cut Nyak Dhien ini memiliki kemampuan untuk mengelabui pihak Belanda yang mencoba menerobos masuk ke kawasan pertahanan pasukan Aceh. Bentuk kemampuan Pinto Kuta ini disebutkan bahwa mampu mengelabui pandangan mata pihak Belanda saat meneropong kea rah benteng pertahanan pasukan Aceh yaitu terlihatnya beragam bentuk senjata yang luar biasa canggih seperti meriam, senapan laras panjang serta pasukan tentara Aceh yang sangat banyak sehingga menyiutkan nyali pasukan Belanda untuk menyerang Kuta Cut Nyak Dhien walaupun sudah mengetahui dimana keberadaannya.

Tidak ada komentar: