Senin, 15 Oktober 2012

 KECAMATAN KAWAY XVI 
 2.MAKAM TENGKU DI TUWI
Sudarman Alwy
Kondisi Makam Tgk di Tuwi
Nama Tengku di Tuwi merupakan sebutan yang biasa di pakai oleh masyarakat Aceh dengan menisbatkan nama daerah atau tempat tinggal yang bersangkutan. Sementara nama beliau adalah Tengku Ibrahim yang berasal dari Titeu (sering di disebut dengan Titeu Keumala) Kabupaten Pidie sekarang.

Tidak ada cerita yang pasti mengenai keberadaan beliau di Pasie Jambu, sementara masyarakat hanya mengenal beliau berdasarkan cerita-cerita secara turun temurun perihal kelebihan-kelebihan yang beliau miliki semasa hidup dengan pola pikir dan perilaku yang sangat Islami sehingga terkadang terkesan radikal terhadap hal-hal yang berkembang di sekeliling beliau.
Sudarman Alwy
Makam Tgk di Tuwi di tengah makam lainnya.
Masyarakat mempercayai bahwa beliau sosok kharismatik yang patut di hormati dan diteladani sebagaimana Allah telah memberikan kelebihan kepada beliau yang menurut masyarakat adalah Karamah (Aceh; Keuramat). 
Keyakinan masyarakat tersebut diikuti dengan banyaknya masyarakat yang melepaskan nazar di makam beliau yang menurut masyarakat sebagai rasa hormat dan simpatik atas keilmuan yang beliau miliki.

Tidak ada komentar: