Senin, 08 Oktober 2012

KECAMATAN PANTE CERMEN 
1. MAKAM RAJA BATAK
Sudarman Alwy


Teuku Raja Batak atau Teuku Cut Batak yang dikebumikan di Gampong Jambak Kecamatan Pantai Cermin Aceh Barat. Berdasarkan informasi dari masyarakat, Teuku Raja Batak merupakan anak kandung dari pasangan Pahlawan Nasional Teuku Umar Johan Pahlawan dan Cut Nyak Dhien.
Namun ada versi lainnya menyebutkan bahwa Teuku Raja Batak merupakan anak dari Ibrahim Lam Nga dengan Cut Nyak Dhien yang merupakan suami terdahulu sebelum di persunting
oleh Teuku Umar pasca gugurnya di medan tempur dan juga merupakan saudara dari Cut Gambang.
Teuku Raja Batak merupakan nama samaran yang diberikan oleh Cut Nyak Dhien guna menghilangkan jejak perjuangan rakyat Aceh yang saat itu sudah memasuki masa puncak peperangan di mana hampir semua titik pertahanan pejuang Aceh di intai dan di serang oleh Belanda.


Sudarman Alwy
Teuku Raja Batak meninggal akibat penyakit muntaber (Aceh; busu bleut) yang dideritanya saat itu tanpa mendapat perawatan yang memadai sehingga tidak mampu tertolong. Setelah meninggalnya Teuku Raja Batak, jasadnya kemudian di bawa untuk di makamkan di samping pamannya yang berjarak + 1.500 M yang terlebih dahulu dimakamkan karena syahid.
Keberadaan makam Teuku Raja Batak di seberang sungai Gampong Jambak yang pada saat dikebumikan dahulu masih dalam lokasi hutan belantara dengan kerapatan pepohonan yang sulit untuk ditembus pasukan Belanda dan letaknyapun tidak jauh dari pinggir sungai. Kesejukan dan keasrian lokasi pemakaman masih terasa hingga sekarang karena memang masih berada di lokasi luar jangkauan penduduk secara berkala di tambah lagi lebar sungai yang harus diseberangi melalui jembatan 2 tali yang secara otomatis membutuhkan nyali ekstra untuk dapat menyeberanginya.

Tidak ada komentar: